Mengenal Ikan Rinuak Danau Maninjau

Mengenal Ikan Rinuak (Psilopsis sp)
Danau Maninjau
Oleh:
Toguan Sihombing, S.Pi
Penyuluh Perikanan Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam Sumatera Barat

Ikan rinuak merupakan jenis ikan kecil yang berada di perairan Danau Maninjau sebagai hasil tangkapan nelayan sekitarnya. Ikan rinuak salah satu dari spesies ikan yang ada di Danau Maninjau setelah dibangunnya PLTA.
Sedangkan sebelum dibangunnya PLTA berdasarkan hasil penelitian PSLH Universitas Andalas Tahun 1984 hanya terdapat 9 Famili dengan 33 jenis ikan dan diantaranya tidak ditemukan Famili Osphroneformes dan spesies Psilopsis sp. Ikan rinuak diklasifikasikan kedalam kelas Pisces; ordo Osphroneformes; famili Osphronemidae;  genus  Psilopsis dan  spesies  Psilopsis sp (Azwir, 2010). 
Ikan Rinuak (Psilopsis sp)

Menurut Sihombing (2013), ikan rinuak memiliki postur tubuh yang kecil karena untuk ukuran 2-3 cm sudah merupakan ikan dewasa. Memiliki warna badan pucat kekuning-kuningan dan relatif transparan. Tekstur dagingnya lunak dan tidak berserat. Jika dikukus akan menjadikan ikan rinuak berwarna putih, sementara jika diblender akan berubah warna menjadi kehitaman. Namun, untuk konsumsi manusia bahwa ikan rinuak Danau Maninjau banyak ditemukan berupa olahan peyek rinuak. Hasil uji laboratorium Universitas Bung Hatta menunjukkan bahwa penggunaan pakan berupa adonan ikan rinuak kukus dapat dijadikan sebagai pakan larva lele pengganti cacing sutera karena memiliki nilai nutrisi protein 16,3% dan lemak 4,85%. Penelitian lainnya, adonan ikan rinuak mentah memiliki kandungan protein 21,05% dan lemak 5,93% (Ningsih, 2014), ikan rinuak kering memiliki kandungan protein 20,72% dan lemak 5,76% dan ikan rinuak fermentasi memiliki kandungan protein 27,44% dan lemak 6,03% (Erlinda, 2014).
Penjemuran ikan rinuak basah hingga kering
 Hasil tangkapan ikan rinuak di Danau Maninjau hingga saat ini masih tergolong melimpah. Selain untuk  dijadikan bahan makanan konsumsi manusia, ikan rinuak juga sudah mulai marak dijadikan sebagai pakan ikan peliharaan di KJA, seperti untuk makanan tambahan bagi ikan nila dan lele. Untuk memperoleh ikan rinuak, pada pasar-pasar tradisional khususnya di wilayah Maninjau, Lubuk Basung, Bawan dan Matur sangatlah gampang. Harga eceran mencapai Rp. 12.000/kg

Perdagangan ikan rinuak di Pasar Lubuk Basung

5 Responses to "Mengenal Ikan Rinuak Danau Maninjau"

  1. Rinuak maninjau emang salah satu kuliner khas maninjau yang lezat. Yuk order keripik rinuak di shopee.co.id/khasminangshop. Free ongkir lho bisa langsung dipesan. :)

    ReplyDelete
  2. Wah..akhirnya ketemu juga yang dicari..Salah satu ikan unik kecil..Itu daerah mana yan kak..?
    http://infoikan.com/

    ReplyDelete
  3. Salam kenal, boleh minta literatur mengenai klasifikasi Psilopsis oleh Azwir (2010) yang bapak jadikan rujukan artikel di atas?
    Terimakasih
    Octa

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat bermanfaat gan,bisa juga untuk tambahancbisnis ternak ayam petelur rumahan

    ReplyDelete

tani maya